Laboratorium

A. Laboratorium Dasar

Laboratorium dasar terdapat ruangan yang nyaman dan luas dimana ruangan tersebut memiliki AC di setiap ruangannya dan tingkat pencahayaannya yang sesuai dengan Standar Nasional Pencahayaan. Ruangan terbagi menjadi tiga yaitu Ruangan Kepala Laboratorium, Ruangan Praktikum Laboratorium Dasar dan Ruangan Kendali. Ruangan KA laboratorium dilengkapi dengan AC dan pencahayaan dengan kualitas dan standar yang sudah ditentukan. Pada ruangan praktikum dasar dilaksanakan praktikum yang bersifat dasar dimana praktikum yang terkait yaitu praktikum Elektronika, Pengukuran dan Instrumentasi dan Rangkaian Listrik. Untuk ruangan kendali, praktikum yang dilaksanakan adalah praktikum Teknik Kendali dan Teknik Tegangan Tinggi. Di laboratorium ini juga dilaksanakan beberapa penelitian dan riset dosen Teknik Elektro. Terdapat ruangan asisten labor yang terletak di belakang laboratorium yang terhubung dengan laboratorium Sistem Tenaga Listrik dan ruangan Teknisi serta ruangan instrumen dan perangkat listrik lainnya.

Laboratorium teknik elektro mengelola kegiatan berkaitan dengan Teknik Elektro Dasar yang memberikan pemahaman melalui pengamatan di Laboratorium bagi mahasiswa. Laboratorium ini juga mendukung kegiatan-kegiatan penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Foto: Doc.humas ITP

B. Laboratorium Sistem Tenaga Listrik (STL) dan Tegangan Tinggi

Laboratorium Sistem Tenaga Listrik memiliki peralatan yang memadai dan disesuaikan dengan keadaan yang akan dijumpai di lapangan. Praktikum yang dilaksanakan pada laboratorium ini diantaranya yaitu praktikum Teknik Tegangan Tinggi dan Konversi Energi. Ruangan yang cukup luas serta pencahayaan sesuai dengan Standar Nasional Pencahayaan. Terdapat ruangan Teknisi Labor di belakang Laboratorium serta ruangan Instrumen dan perangkat listrik lainnya. Ruangan ini dikhususkan untuk praktikum yang berhubungan dengan ketenagalistrikan. Laboratorium ini juga dapat dimanfaatkan untuk penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh laboratorium ini meliputi pengujian sistem isolasi tegangan tinggi, pengujian peralatan tegangan tinggi, baik untuk pelaksanaan praktika maupun penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Foto: Doc.humas ITP

C. Laboratorium Elektronika

Laboratorium Elektronika mengelola kegiatan berkaitan tentang Dasar Elektronika bagi seluruh mahasiswa, dan mendukung kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Foto: Doc.humas ITP

D. Laboratorium Konversi Energi

Laboratorium Konversi Energi kegiatan dalam bidang konversi energi listrik, pengendali mesin-mesin listrik, dan praktikum transformator.

Foto: Doc.humas ITP

E. Laboratorium Instrumentasi dan Kendali

Kegiatan pratikum di laboratorium ini adalah servomekanika dan instrumentasi industri, pengembangan peralatan dan sistem instrumentasi, teknik kendali berdasar mikroprosesor, penelitian kepekaan, dan pengembangan perangkat lunak untuk pengendalian. Laboratorium ini mendukung kegiatan penelitian mahasiswa dan staf pengajar.

Foto: Doc.humas ITP